sumbangsihku untuk indonesia

sumbangsihku untuk indonesia

          Indonesia adalah Negara yang berkedudukan lebih dari 2jt orang dengan beragam suku, agama, ras, dan budaya. Indonesia juga Negara yang kaya akan penghasilan alamnya, mempunyai banyak pulau-pulau yang tersebar diberbagai wilayah. Sudah seharusnya penduduk asli Indonesia perlu melestarikan dan menjaga Negara Indonesia dengan damai dan adanya rasa toleransi. Dengan demikian disebut sebagai Negara kesatuan republik Indonesia atau NKRI.
          Pancasila merupakan dasar Negara Indonesia yang harus dipegang teguh sampai kapanpun, pancasila terbentuk dengan tujuan agar semua warga Negara mendapat hak mereka untuk hidup dan kewajiban mereka sebagai warga Negara.
          Dan untuk mencapai itu semua bangsa Indonesia harus memahami sejarah terbentuknya Negara Indonesia serta masa-masa sulit yang dihadapi sebelum berdirinya Negara ini,sehingga menjadi referensi dalam menghadapi permasalahan-permasalahan dalam bernegara. Disamping itu, perlunya untuk menanamkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta memahami nilai-nilai budaya yang menjadi keragaman yang harus disatukan, bukan menjadi keragaman yang harus diseragamkan.
          Tujuan NKRI menurut pembukaan UUD 1945 ialah :
a.     Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
b.     Memajukan kesejahteraan umum.
c.      Mencerdaskan kehiupan bangsa.
d.     Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
       



  Jiwa-jiwa kepahlawan yang harus di teladani oleh manusia-manusia saat ini untuk bisa memperjuangkan Negara kesatuan republik Indonesia adalah berani. Berani berhadapan dengan musuh yang berusaha untuk memecah belah kerukunan umat manusia. Untuk bisa melakukan perubahan, kita harus aktif dan jangan hanya diam menunggu. Perubahan harus dimulai dari diri sendiri. Kita harus aktif mengambil tindakan, melakukan perubahan, memperbaiki diri, dan bekerja dengan sungguh-sungguh.
           Menjaga keutuhan NKRI juga dapat diterapkan pada lingkungan masyarakat seperti: mengibarkan bendera merah putih di depan rumah pada setiap perayaan-perayaan hari-hari nasional seperti hari kemerdekaan, hari pahlawan, dan hari  kesaktian pancasila. Mau memaafkan dan memberi maaf, jangan pernah sekalipun kita menyimpan kebencian dalam hati.
          Oleh karna itu untuk tetap menjaga keutuhan NKRI harus dilakukan dalam diri sendiri dan tidak adanya sifat egois dengan sesame, mari kita jaga kesatuan dan persatuan. Karena makmur tidaknya Negara ini ada di tangan kita semua. Selalu berusaha mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Selalu berusaha menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.melaksanakan usaha pertahanan Negara dari ancaman yang ingin merusak NKRI. Selalu menggelorakan semangat bhineka tunggal ika sebagai persatuan bangsa.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

resensi buku